HOME IZIN PERUSAHAAN PHOTO ALBUM HUBUNGI KAMI SITEMAP

 

1. LOMBOK SOJOURN

2. TEMPAT-TEMPAT MENARIK

3. SEWA KENDARAAN

4. WISATA HARIAN

5. FAMILY GATHERING

6. PAKET WISATA KE LOMBOK

7. PAKET BULAN MADU DI LOMBOK

8. PULAU GILI

9. PAKET WISATA BAHARI

10. TAMAN NASIONAL RINJANI

11. PAKET MENDAKI RINJANI

12. TAMAN NASIONAL KOMODO

13. PAKET WISATA KOMODO

14. JADWAL PENERBANGAN

15. CARA PEMBAYARAN

16. ANAK LOMBOK

17. SERBA SERBI

18. LINK

19. HOTEL DI PULAU LOMBOK

 

 

SEKILAS PERJALANAN LIBURAN DI PULAU LOMBOK


Sebagai orang yang sehari hari tinggal di kota besar, yang penuh dengan hiruk pikuknya kendaraan belum lagi kemacetan lalu lintas yang padat, Lombok merupakan Surga bagi anda. Dilihat dari golongan wisatawan yang berkunjung, Lombok lebih banyak diminati oleh para wisatawan yang mencari kedamaian dan ketenangan saat berlibur.

Oleh karena letak geografis yang sangat dekat, oleh banyak orang Lombok juga di kenal sebagai pulau kembarnya Bali, maka untuk tidak membandingkannya satu sama lainnya sangatlah sulit. Meskipun hanya berjarak 35km, kedua pulau ini mempunyai perbedaan fisik dan kebudayaan yang sangat signifikan.

Lombok dengan Gunung Rinjaninya, Air terjun Sendang Gila dan Tiu Kelep yang indah, pantai pasir putih dengan Air yang jernih, beraneka ragam coral, pantai dengan budidaya Mutiaranya, kebudayaan Sasak yang unik, dan keramah tamahan penduduknya dengan mudah dapat menarik wisatawan dalam maupun luar negeri.

Para Wisatawan yang akan berlibur di Lombok, kebanyakan memilih Senggigi sebagai tempat menginap, di samping letaknya yang strategis di pesisir pantai, dan mudahnya akses untuk mengunjungi obyek wisata lainnya.

Perjalanan menuju Senggigi melalui bukit - bukit hijau yang dihiasi pohon kelapa yang di tanam rapi membatasi sepanjang pesisir pantai. Untuk mencapai ke senggigi kita akan melewati Pura Batu Bolong, Pura yang terletak di atas batu yang menjorok ke laut. Konon Batu Bolong merupakan legenda putri putri cantik yang melemparkan dirinya ke laut karena patah hati. Tidak lepas dengan bukit yang menjorok ke laut, yang selama ini di kenal dengan nama Tanjung Senggigi, dimana kita bisa dengan jelas melihat Gunung Agung yang ada di Bali tanpa terhalang apapun, dan juga kita bisa menikmati keindahan matahari terbenamnya.

Pada hari pertama anda bisa memilih menghabiskan waktu di Pantai Senggigi , pantai yang mempunyai karang laut yang indah. Dan sore harinya anda bisa menyempatkan diri untuk mengunjungi pantai Mangsit, Pantai Senggigi bagian utara dan bertemu dengan temen temen nelayan yang ada di sekitarnya.

Esok harinya anda bisa mengunjungi Ampenan, Mataram ( Taman Mayura atau Pura Meru ) Cakranegara dan Sweta, empat kota yang hampir tidak bisa di ketahui batasnya. Kebanyakan wisatawan mengujungi empat kota ini secara sekilas karena tidak banyak yang di lihat, padahal ke empat kota ini mempunyai daya tarik dan keunikan tersendiri. Dengan " Cidomo" ( alat angkutan seperti dokar ) yang memenuhi ruas jalan kota - kota tersebut terkesan menarik.

Dan selanjutnya anda bisa melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi " Banyu Mulek" Pusat pembuatan Gerabah yang sangat terkenal , unik dan sangat menarik perhatian para wisatawan baik domistic ataupun manca negara. Para wanita di desa ini telah membuat peralatan gerabah sejak abat ke 16, keahlian ini di ajarkan turun temurun.
 
Taman Narmada Mayura Banyumulek Sukarare

 

Mereka menggunakan peralatan dan material yang sederhana dan tradisional. Setelah dari Banyu Mulek anda bisa melanjutakn ke " Sukarara " perjalanan di tempuh sekitar 30 menit dari banyumulek, sukarare merupakan pusat tenun Traditional yang terkenal dengan keindahan kain tenun yang di hasilkan, Juga cara dan bahan untuk membuatnya.

Sejak abat ke 16, para wanita di desa ini di haruskan untuk belajar menenun dan keahlian ini di ajarkan turun temurun. Mereka menggunakan peralatan dan material yang sederhana dan sangat tradisional. ( Suka artinya Cinta ,dan Rara artinya Sakit, maksudnya adalah, jika seorang wanita tidak bisa menenun maka mereka tidak akan di cintai oleh pria ).

Sade dan Rambitan adalah tempat yang selanjutnya dapat anda kunjungi sebelun perjalanan sampai di pantai Kuta. Desa Adat Sasak, yang menurut cerita sudah ada sejak abad ke 14 dan merupakan cikal bakal suku sasak.

" Pemandu akan menceritakan secara mendetail tentang keseharian di Suku Sasak. Mata pencaharian utama mereka adalah bertani dan berladang sedangkan bagi kaum wanita menenun. Tenun ikat dengan berbagai warna dan motif yang menarik, cocok untuk cindera mata bagi keluarga anda.

Begitu pula dengan anak - anak Suku Sasak, di pagi hari mereka belajar di sekolah, sepulang sekolah ada yang membantu orang tua di ladang ada pula yang membuat kalung - kalung yang terbuat dari kayu dan benang yang mereka jual kepada pengunjung yang datang.

Yang menjadi keunikan dari hal yang pemandu ceritakan adalah lantai bangunan rumah yang merupakan campuran antara kotoran sapi dengan tanah. Untuk lantai rumah ini mereka tidak mengunakan bahan baku semen. Menurut tradisi mereka kotoran sapi dapat mengusir lalat.

Perkampungan Suku Sasak ini, dapat dijadikan tempat tujuan berlibur. Dimulai dari perjalanan menuju perkampungan sampai dengan pemukiman Suku Sasak merupakan hal yang tak terlupakan"

Setelah sampai di kuta anda bisa bersantap siang di restoran sepanjang pantai. Sementara anda bersantap siang anda bisa menikmati keindahan pantai kuta dengan pasir putihnya. Setelah bersantap siang anda bisa melanjutkan ke Tanjung A'an kebanyakan orang menyebut pantai kedua setelah hawai. Di sini anda bisa beristrirahat sambil mandi mandi dan menikmati indahnya perbukitan.

Sebelum perjalanan pulang ke hotel anda bisa memilih Cinderamata khas lombok sebagai oleh oleh liburan anda.
Pada malam terahir anda bisa makan malam di Restoran yang terletak di sepanjang jalan yang ada di senggigi atau di sepanjang pantai. Sambil menikmati minuman dan makanan yang anda pesan, di kejauhan terlihat pantulan sinar lampu nelayan di laut.

Hamparan perbukitan yang hijau, indahnya pantai dan keramah - tamahan para penduduk, membuat kerinduan yang mendalam.

 


Support :
- Rinjani Trekking club
- No Roads Expedition
- HPI
- X-Trekker singapore

Under licensed of:
CV. RINJANI CLUB TOUR & TRAVEL SERVICE
JL. Raya Senggigi Km. 08 Senggigi 83355. Senggigi - Lombok - Indonesia
Phone / Fax: 62 370 693 202 | hotline : 081 7573 0415 / 081 353 443 445
http://www.anaklombok.com   | Email : anaklombok@gmail.com

BlackBerry Pin: 2808474C
SMS / Text messages

+628175730415

 

 

Copyright www.anaklombok.com 2008, All Rights Reserved.

Designed by W@yne